Review Emosional Film 'The Shameless' (Peringatan! Spoiler Di Mana-Mana)


Another review of Kim Nam Gil's movie is coming everyone haha. "The Shameless" (무뢰한) adalah film Kim Nam Gil yang rilis pada Mei 2015 silam. Sudah lima tahun berlalu dan aku baru nonton, ya begitulah, maklum kan baru nge-fans. Film ini sempat diputar di Cannes Film Festival, jadi seharusnya patut banget ditonton dong.

Aku butuh berhari-hari untuk menyelesaikan "The Shameless". Bukan apa-apa, aku masih enggak bisa nonton film genre drama atau romance yang diperanin sama biasku 😭. Butuh iman dan mental kuat buat liat ke-uwu-an mereka berakting memadu cinta. Jadi aku bener-bener berusaha menguatkan diri pas nonton "The Shameless" (alay banget dah haha).

Detektif Jung Jae Gon

Sebenernya bingung mau pakai judul apa di review kali ini, karena semengejutkan itu. Aku bingung menentukan kalimat yang bisa memasukkan semua kesan dari film "The Shameless". Rasanya karakter-karakter di film ini mengalami kejadian yang sulit diungkapkan lewat tulisan. Akhirnya aku pilih judul kayak di atas deh, semoga pas.

SPOILER ALERT!!!

Secara singkat, "The Shameless" bercerita tentang detektif Jung Jae Gon (Kim Nam Gil) yang ditugasi untuk menangkap tersangka pembunuhan bernama Park Joon Kil (Park Sung Woong). Sadar dirinya menjadi incaran polisi, Park Joon Kil pun bersembunyi. Nah, Jung Jae Gon mendekati Kim Hye Kyung (Jeon Do Yeon) untuk memancing Park Joon Kil dari persembunyiannya. Kim Hye Kyung ini pacarnya Park Joon Kil yang sangat setia.

Kim Hye Kyung dan Park Joon Kil

Dari sinilah konflik mulai muncul. Dalam menjalankan misinya, Jung Jae Gon mulai menyimpan rasa dengan Kim Hye Kyung. Terlebih setelah tahu Kim Hye Kyung menjalani hidup yang sulit karena terlilit banyak hutang akibat ulah Park Joon Kil. Karakter Kim Hye Kyung memang terlihat kuat dan garang sebagai Madam, tapi dia sebenernya sosok wanita rapuh yang benar-benar butuh sandaran.

Jae Gon enggak bisa melihat kerapuhan Hye Kyung dan mulai bersimpati serta berusaha untuk melindungi sang Madam. Jae Gon juga sempat menyelamatkan Hye Kyung saat hendak dijebak oleh salah satu polisi demi mengungkap lokasi persembunyian Joon Kil. Dia bahkan membeli kembali anting kesayangan Hye Kyung yang sudah dijual demi bertahan hidup.

Jung Jae Gon mulai mendekati Kim Hye Kyung

Dengan semua perhatian ini, aku pikir Jae Gon mulai mengubah niatnya. Aku pikir detektif tampan ini akan segera menjadikan Hye Kyung kekasih karena mereka sudah seintim itu (oh iya, ada adegan dewasa juga di sini, jadi siap-siap aja ya). Apalagi Jae Gon sempat tanya gini ke Hye Kyung, "Tidak bisakah kamu tinggal denganku?". Tapi dia langsung jelasin kalau itu cuma bercanda.

Ya walaupun kata Jae Gon cuma bercanda, tapi Hye Kyung yang rapuh dan butuh sandaran berharap omongan itu beneran. Aku juga nganggep bahwa Jae Gon memang beneran bermaksud ngomong kayak gitu, bukan bercandaan. Berhubung dia harus profesional, jadi Jae Gon berusaha buat menutupi perasaannya dengan bilang semua itu bohong. Eh tapi sebentar om, kalau niat dari awal profesional ya jangan sampai suka Hye Kyung dong.

Inilah momen saat Jung Jae Gon nawarin Kim Hye Kyung buat tinggal bareng

Oke lanjut lagi, Jae Gon melanjutkan tugasnya sebagai detektif dengan melaporkan rencana pertemuan Hye Kyung dan Joon Kil. Padahal malamnya Jae Gon habis memadu cinta sama Hye Kyung, kan ngeselin banget (maafkan ke-emosional-an ini haha). Meski Jae Gon awalnya berat banget mau laporin itu, tapi tetep aja dia akhirnya ngelaporin.

Yang terjadi setelah adegan ini lebih menyedihkan. Jae Gon termasuk salah satu detektif yang menangkap Joon Kil saat sedang bersama Hye Kyung. Dan kalian tahu, Jae Gon langsung nembak Joon Kil di depan Hye Kyung. Terusss Jae Gon adalah detektif yang menginterogasi Hye Kyung setelah diamankan ke kantor polisi. Jelas Hye Kyung sangat membenci Jae Gon saat itu. Jae Gon sendiri mencoba tegar dan biasa aja, tapi wajahnya enggak bisa bohong.

Setelah itu, Jae Gon dan Hye Kyung menjalani hidup masing-masing. Jae Gon masih tetap menjadi detektif profesional yang sesekali teringat dengan kisah cintanya yang tragis dengan Hye Kyung. Sedangkan Hye Kyung sekarang tinggal dan merawat seorang pria pecandu narkoba. Karena pria ini, Hye Kyung kembali dipertemukan dengan Jae Gon.

Detik-detik Jung Jae Gon menembak Park Joon Kil

Jae Gon berhari-hari berdiri di sekitar rumah Hye Kyung untuk mengintai si pecandu narkoba. Dia rela hujan-hujanan dan terus berdiri di depan toko kecil untuk menjalankan tugasnya. Penantiannya pun berakhir saat pemasok narkoba akhirnya masuk ke rumah Hye Kyung. Saat itu, Jae Gon langsung menggerebek si pecandu narkoba tersebut.

Momen ini juga dimanfaatkan oleh Jae Gon untuk menjelaskan ke Hye Kyung bahwa sikapnya dulu bukan termasuk pengkhianatan. "Namaku Jung Jae Gon. Pria ini ditangkap karena memakai obat terlarang. Dengar, aku polisi, kau kekasih penjahat. Aku melakukan yang semestinya. Aku tak mengkhianatimu," kata Jung Jae Gon. Dah, kurang ashdgdjajhs apa lagi coba ini orang.

Ending yang emosional, ini Jung Jae Gon sedih banget 😭

Film "The Shameless" ditutup dengan adegan yang mengejutkan buat aku. Kim Nam Gil harus mengalami another tragic ending di film ini. Karena sudah terlanjur banyak spoiler dari awal, aku ungkap aja ya ending-nya. Jadi Jae Gon dibunuh sama Hye Kyung dengan cara ditusuk setelah selesai beresin kasus pecandu narkoba itu.

Kalau dipikir-pikir, ending ini mungkin pantes buat Jung Jae Gon yang sudah tidak tahu malu mempermainkan Kim Hye Kyung. Tapi ya kasihan juga 😭. Jung Jae Gon juga mengalami hari yang sulit setelah memilih untuk tetap profesional saat dia sebenernya pengen ngelindungin wanita yang dia cintai.

Jung Jae Gon 😭😭😭

Setelah ditusuk pun, Jae Gon masih tetep ngelindungin Hye Kyung. Caranya dengan milih jalan sendiri (enggak gabung sama tim polisi saat itu) biar enggak ada yang tahu kalau dia ditusuk sama Hye Kyung. Jae Gon langsung aja jalan sambil ngerokok di akhir film ini. Beneran nih film berhasil mengaduk-aduk emosiku. Kadang aku enggak tega sama Jae Gon, tapi ya dia emang, hadeuh, ngeselin. Aku juga enggak tega sama Hye Kyung, tapi kok dia milih bertahan sama pacar yang gitu.

Begitulah review emosional soal film "The Shameles". Sesuai dengan judulnya, karakter-karakter di film ini kadang enggak punya malu demi memenuhi kepentingan mereka. Mungkin memang manusia seperti itu. Mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Dari film ini, aku salut dengan keprofesionalan Jung Jae Gon dan kesetiaan Kim Hye Kyung. Ya walaupun keprofesionalan dan kesetiaan mereka "cacat", tapi enggak apa-apa lah. Setidaknya ada yang bisa dipelajari. Uhhhh akhirnya selesai juga, campur aduk banget pas nulis review film ini. Tak lupa ku ucapkan terima kasih untuk yang sudah menyempatkan baca. Semoga ada manfaatnya 😄.

Komentar

  1. Sebelum nonton film / drama Namgil oppa baiknya emg nnton review atau baca dulu gak usah takut kena spoiler kalo aku sih langsung ke akhir krn cm itu yg penting dia mati kagak!!! Krn hampir rata2 film dan drama dia SAD END WOY TULUNG hiiikksss

    BalasHapus
  2. Endingnya berasa nonton episode terakhir bag guys gak sih???
    Yg dia ditusuk ma adenya, krna gak mo adenya ditangkap, dia pergi gtu dgn keadaan yg abis ditusuk,, matinya ngenes gak ada yg tau jir..
    Demen bgt metong nie orang..

    BalasHapus
  3. Aku blm nnton yg ini tapi udh baca dan tau Nam Gil ku mati jadi takut nonton berasa sakit hatiku nnti wey

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Random Bahas Drama 'The Fiery Priest', Because Why Not?

6 Lagu Lewis Capaldi Favoritku Selain 'Before You Go'