Random Bahas Drama 'The Fiery Priest', Because Why Not?

Karena aku sebenernya enggak terlalu into sama drama Korea, jadi perbendaharaan dramaku enggak terlalu banyak. Bahkan ini adalah drama Kim Nam Gil pertama yang aku tonton. Ketika yang lain nge-fans sama Kim Nam Gil sejak "The Great Queen Seondeok" atau "Bad Guy" atau bahkan film "No Regret", aku baru nge-fans gegara "The Fiery Priest" (yang tayang 2019). Dannnnn aku nontonnya juga baru di pertengahan Juni tahun 2020 😐. Ya lebih baik telat, daripada tidak sama sekali kan yak 😁

Tahu "The Fiery Priest" karena harus bikin artikel rekomendasi drama komedi. Dari berbagai sumber yang aku baca, "The Fiery Priest" masuk ke dalam daftar drama komedi yang harus ditonton. Pas aku baca lagi, review-nya juga bagus. Bumbu komedi di drama ini katanya enggak main-main. Si reviewer juga nyempilin foto Jaksa Park Kyung Sun (Lee Honey) pas diwawancara di TV yang wajahnya ngehe banget. Ada juga foto adegan Pastor Kim Hae Il (Kim Nam Gil) sama Detektif Goo Dae Young (Kim Sung Kyun) nyamar. Mana Pastor Kim nyamar jadi cewek dan cantik banget lagi (ini making-nya lebih hilarious 😁). So yeah, itu bikin aku makin tertarik dengan drama ini. Enggak nyangka bakal ada konflik dan skandal sebesar itu di drama ini.

Ayukkk bahas cerita dan karakter-karakter "The Fiery Priest"

Semua berawal dari kehidupan Pastor Kim Hae Il (Kim Nam Gil) yang selengekan. Alih-alih kalem dan menenangkan, Pastor Kim justru terkenal karena sifat pemarahnya. Ia juga suka ngomong kasar dan mengumpat. Tapi semua itu dilakukan oleh Pastor Kim demi menegakkan keadilan dan membela rakyat biasa.

Suatu hari Pastor Kim harus dipindahkan ke Kota Gudam karena berbuat onar di kota sebelumnya. Gimana enggak? Pastor Kim ditangkap polisi karena menghajar gangster di kota itu gara-gara diduga menyuruh seorang cenayang untuk menipu masyarakat sekitar. Ini bukan pertama kalinya Pastor Kim berulah. Enggak heran kalau dia akhirnya dipindahkan ke Gudam.

Pastor Kim Hae Il yang hobinya marah. Yang penting marah dulu, mikirnya entaran haha

Di Gudam, Pastor Kim tinggal di sebuah gereja yang dipimpin oleh Pastor Lee Young Joon (Jang Dong Hwan). Keduanya sangat dekat layaknya ayah dan anak. Di sini lah masalah mulai muncul. Gudam yang dijuluki kota damai tanpa kekerasan ternyata dipimpin oleh Wali Kota yang korup. Sang Wali Kota bersekongkol dengan Jaksa, Komisaris Polisi, serta gangster untuk melakukan korupsi dan praktik jahat lain.

Kebusukan petinggi Kota Gudam mulai tercium setelah Pastor Lee dibunuh. Pastor Kim mencurigai salah satu dari komplotan  para petinggi ini yang membunuh Pastor Lee. Dari awal drama memang ditunjukin kalau Pastor Lee enggak setuju gereja dan panti asuhan yang dikelolanya diambil alih oleh gangster yang bersekongkol dengan pihak-pihak nakal. Kebetulan pemimpin gangster ini adalah seorang CEO perusahaan di kota Gudam dan sangat dekat dengan sang Wali Kota. Ia adalah Hwang Cheol Bum (Go Joon).

Ini dia gerombongan petinggi korup dan satu gangster tampan hihi

Jadi Pastor Kim yang awalnya cuma ingin membongkar kebenaran di balik kematian Pastor Lee, jadi sekalian mengungkap kejahatan para petinggi. Jalan cerita semakin menarik, karakternya juga semakin berkembang. Banyak kejutan dari karakter-karakter kecil di drama ini.

Mulai dari Suster Kim In Kyung (Baek Ji Won) yang ternyata punya masa lalu dan keahlian luar biasa. Sempet curiga sama Suster Kim aku tuh. Gara-garanya adalah satu adegan di mana Suster Kim diajak Pastor Kim Hae Il buat ngelabrak Wali Kota Gudam. Nah, pas ada Pastor Kim, Suster Kim ini marah-marah gitu. Tapi pas Pastor Kim pamit pulang, Suster Kim manis ke Wali Kota. Cuma dugaan ini tidak terbukti saudara-saudara. Emang aku orangnya suka berprasangka buruk aja 😁.

Pastor Han Sung Kyu dan Suster Kim In Kyung, adem banget awalnya liat mereka

Kemudian ada karakter Pastor Han Sung Kyu (Jeon Sung Woo) yang diam-diam menyimpan bakat akting luar biasa. Nah, kemampuan aktingnya ini kelak bisa dipakai untuk membantu misi Pastor Kim loh. Chemistry Pastor Han sama Pastor Kim juga tidak perlu diragukan lagi. Mereka layaknya kakak dan adik di drama ini. Momen-momen duo Pastor ini yang tak terlupakan adalah ketika mereka dapat balasan surat dari pimpinan gereja Katolik di Vatikan, momen mereka kesetrum tembakan Detektif Goo, sama momen Pastor Han pertama kali manggil Pastor Kim "Hyung" 😭.

Karakter selanjutnya yang tak kalah menarik adalah seorang mahasiswa yang bekerja sebagai penjaga swalayan di kota Gudam bernama Oh Yo Han (Go Kyu Pil). Dia juga merupakan jemaat gereja Pastor Lee. Dia enggak bisa mendengar dengan jelas kalau lapar. Jadi Yo Han pernah dimarahin dan diusir oleh Pastor Kim gara-gara makan roti segede gaban saat Misa pagi. Tapi siapa sangka, kekurangan Yo Han ini ternyata menjadi sangat berguna di masa depan untuk Pastor Kim.

Ssongsak, Yo Han, dan Jang Ryong a.k.a Si Danbal Meori

Yang paling epic tentu saja karakter Ssongsak atau nama lengkapnya Ssongsak Tekaratanapeuraseoteu (Ahn Chang Hwan). Dia adalah orang Thailand yang kerja di Korea dan sahabatan sama Oh Yo Han. Sebagai pendatang, Ssongsak tentu saja tidak lancar bahasa Korea. Caranya ngomong juga masih didominasi dialek Thailand. Gara-gara ini, dia sering di-bully sama Jang Ryong (Eum Moon Suk), salah satu anak buahnya Hwang Cheol Bum. Selama ini Ssongsak selalu ngalah kalau di-bully Jang Ryong. Tapi suatu hari dia balik menyerang dan menunjukkan kemampuan bela dirinya. Ternyata Ssongsak punya profesi super keren pas di Thailand sehingga dia bisa jago bela diri.

Hwang Cheol Bum, om-om gangster yang tampan. Fotonya ku taruh sini, because why not

Okeeee, sekarang masuk ke ending ya. Menurutku ending-nya sangat memuaskan. Setelah dibuat penasaran, deg-degan, dan geregetan selama 40 episode, kalian bakal dipuaskan dengan ending yang pas. Semua masalah terselesaikan di akhir dan enggak ada yang gantung. Buat kalian pencinta crime, komedi, dan no uwu-uwuan, aku rasa "The Fiery Priest" sangat cocok ditonton. Ini menjadi salah satu drama favorit sejauh ini. Aku yang hobinya nonton drama komedi dan crime sangat puas dengan "The Fiery Priest". Enggak kerasa lama walaupun itu drama 40 episode.

Score tentu saja Kim Hae Il/10 😆 (bucin Kim Nam Gil ya kek gini ini~~)

Oh ya sampai lupa ngelampirin foto tokoh-tokoh lain yang juga berjasa di "The Fiery Priest". Bukannya enggak berkesan, cuma aku lebih tertarik bahas Ssongsak cs itu tadi wkwkwk. Karakter Jaksa Park, Detektif Goo, dan Detektif Seo Seung A (Keum Sae Rok) sangat berjasa di drama ini. Tentu saja mereka sangat kocak juga dalam berbagai situasi.

Trio Mantul (Detektif Seo, Pastor Kim, sama Detektif Goo)

Jaksa Park emang karakternya tegas di sini. Tapi dia juga sempet masuk ke tim Jaksa korup yang menjadi atasannya. Cuma Jaksa Park sadar kalau itu salah dan balik mendukung Pastor Kim. Hubungan dekatnya sama si Jaksa korup pun dimanfaatkan sebagai pancingan saat melakukan "serangan". Kalau Detektif Seo mah dari awal udah di pihak Pastor Kim. Walaupun dia berada di lingkungan Kepolisian yang korup, Detektif Seo tetap tegak berjalan di jalur keadilan.

Jaksa Park Kyung Sun dan rol rambutnya yang ikonik

Kalau Detektif Goo, sumpah ini karakter kocak banget. Awalnya musuhan sama si Pastor Kim, tapi lama-lama jadi sahabat karib wkwkw. Mereka adalah duo keren yang menjadi nyawanya "The Fiery Priest". Celetukan dan tingkah Detektif Goo juga receh banget. Duet maut paling epic antara Pastor Kim dan Detektif Goo ya pas mereka nyamar jadi pasangan kekasih buat nyelidikin CCTV di deket gunung yang jadi TKP kematian Pastor Lee. Ini nih fotonya...


Eh kok nambahnya kebanyakan, udahan lah yah. Kalau ngomongin "The Fiery Priest" bisa sampai berhari-hari hihi. Tengkyu tengkyu buat yang udah baca . Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan random ini. Ya kalau enggak ada, coba cari-cari lah 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Emosional Film 'The Shameless' (Peringatan! Spoiler Di Mana-Mana)

6 Lagu Lewis Capaldi Favoritku Selain 'Before You Go'