Ceritaku Daftar Jadi Petugas Sensus Penduduk 2020 di Tengah Pandemi (Part 1)

Sebenernya masih terlalu dini untuk membagikan pengalaman ini karena aku baru nyampe di tahap II Seleksi Petugas Sensus Penduduk 2020. Tapi berhubung aku pelupa, jadi langsung aku share aja. Mungkin di luar sana ada yang butuh informasi sehubungan dengan rekrutmen Petugas Sensus Penduduk (SP) 2020.

Iyap, Sensus Penduduk 2020 tetap harus berjalan meski sekarang kita sedang menghadapi pandemi Covid-19. Setelah melakukan tahap sensus online pada Februari sampai Mei lalu, kini tahapan sensus dilanjutkan dengan pendataan secara langsung yang akan dilakukan September mendatang. Nah, pelaksanaan pendataan ini butuh banyak tenaga sehingga dibukalah rekrutmen untuk umum.

Aku tahu informasi pembukaan rekrutmen Petugas SP 2020 Badan Pusat Statistika (BPS) Kabupaten Banjarnegara dari mbak sepupu pada 1 Agustus. Di foto yang dibagikan oleh mbak sepupu tertera tanggal pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus sampai 4 Agustus 2020 jam 12 siang.

Waktu itu aku langsung minat coba karena memang lagi nganggur wkwkwk. Enggak gitu juga ding. Sebagai lulusan statistika, aku juga pengen tahu rasanya terlibat dalam SP yang rutin dilaksanakan setiap 10 tahun sekali ini. Alhasil aku pun daftar pada tanggal 2 Agustus 2020. Sejauh ini semua tahapan seleksi dilakukan secara online karena kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19.

Seleksi Tahap I
Cara mendaftarnya cukup mudah, yakni dengan mengunggah foto atau scan KTP, Ijazah, Pas Foto, dan Buku Rekening. Oh, ada juga pengisian data nama, alamat, sama area sensus yang sesuai dengan alamat domisili. Iya, memang harus sesuai dengan alamat. Aku sempat coba ambil area lain, tapi akhirnya kesulitan pas pengisian data alamat karena nama Kelurahan, Kecamatan dan Kabupatennya tidak muncul.

Tampilan pas aku coba daftar di area lain yang bukan kecamatanku. Jangan coba-coba lah

Setelah semua berkas diunggah, kita tinggal menunggu pengumuman seleksi tahap I. Pada saat itu BPS Banjarnegara menjanjikan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 4 Agustus setelah jam 4 sore. Tapi karena tidak ada jam yang jelas, aku pun nunggu pengumuman sampai ketiduran. Jadi aku buka pengumumannya itu tanggal 5 Agustus pagi.

Dilihat dari postingan di Instagram Story, pengumuman sepertinya diunggah tanggal 4 Agustus malam (sekali). Tapi selama nunggu itu, akun Instagram BPS Banjarnegara aktif memberikan kabar lewat Story. Jadi kita bisa terus memantau perkembangannya. Ya walaupun enggak secara detail.

Seleksi Tahap II
Setelah pengumuman tahap I, selanjutnya masuk ke seleksi di tahap II. Pada tahap ini, pelamar harus melakukan tes pengetahuan secara online yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2020 pukul 09.00 sampai 10.00 WIB. Sebagai orang yang panikan, aku sudah was-was sebelum tes. Aku tanya ke temen materi apa yang mungkin muncul saat tes. Aku juga searching di Google soal kisi-kisi tes seleksi petugas sensus. Tapi enggak banyak yang muncul.

Alhasil saat itu aku cuma baca-baca materi dasar soal Sensus Penduduk. Karena dulu pernah kuliah statistika, jadi aku sambil nginget-inget materi dulu. Dan ternyata soal yang keluar memang pengetahuan dasar Sensus Penduduk dan BPS. Meliputi pengertian sensus dan seputar pernak-perniknya. Ada juga soal untuk mengetahui komitmen kita sebagai petugas sensus, kayak "apa bersedia untuk bla bla bla" gitu.

Setelah selesai mengerjakan tes tahap II, peserta dianjurkan untuk langsung melakukan registrasi data di website Mitra Sensus Penduduk 2020. Aku enggak tahu di daerah lain, tapi di kabupatenku peserta maksimal melakukan registrasi pada 6 Agustus pukul 3 sore.

Nah, aku saranin jangan mepet pas registrasi data ini karena ada potensi website enggak bisa diakses. Ini terjadi pada diriku wkwkwk. Selesai tes sekitar jam 09.15-an, aku langsung bikin akun buat registrasi. Tapi waktu itu aku enggak langsung melengkapi data diri. Malah asik main Twitter, Instagram, sama ngerumpi di WhatsApp.

Alhasil, pas mau ngelengkapin data diri sekitar jam 1-an, website-nya enggak bisa diakses. Bingung lah sudah, mana deadline jam 3 sore. Akhirnya aku tanya-tanya di medsos dan WhatsApp BPS Banjarnegara. Aku juga nulis komentar di akun Twitter BPS Pusat (giblik memang wkwkw). Tapi dibales dengan baik, jadi usahaku tidak sia-sia haha.

Alhamdulillahnya, sekitar jam 2-an kurang, website Mitra Sensus Penduduk sudah bisa diakses lagi. Aku akhirnya cepet-cepet ngelengkapin data dan submit. Tapi tidak semudah itu Ferguso, setelah berhasil ternyata masih ada error yang terjadi. Pas aku coba log in akun dan cek profil, dataku kosong. Padahal beberapa menit lalu sudah berhasil dilengkapi dan juga sudah tercantum semuanya.

Aku kembali mulai khawatir dan mencoba untuk menghubungi BPS Banjarnegara lagi (lewat Instagram tentunya karena aku enggak enak mau telepon hihi). Eh pas buka Instagram, BPS Banjarnegara ternyata baru bikin pengumuman di Instagram Story. Katanya memang ada gangguan di website dan akhirnya tidak diwajibkan registrasi data hari ini (hari itu; tergantung kapan bacanya).

Begitulah petualangan ku mendaftar sebagai petugas SP 2020 di tengah pandemi. Belum tahu kapan hasil tes tahap II bakal diumumin. Jadi masih ada part-part selanjutnya yang mungkin akan aku bikin di blog ini. Haha, seorang Nur Khotimah akhirnya membagikan hal-hal berbau statistika di blog yang penuh dengan lagu, film, dan drama Korea ini. Ya, semoga aku bisa membagikan hal-hal yang bermanfaat yah. Terima kasih buat yang sudah baca 😆.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Emosional Film 'The Shameless' (Peringatan! Spoiler Di Mana-Mana)

Random Bahas Drama 'The Fiery Priest', Because Why Not?

6 Lagu Lewis Capaldi Favoritku Selain 'Before You Go'