Serba-Serbi Lagu 'Heather' Conan Gray, Mulai dari Lirik Sampai Makna Video Klipnya

 

 

Ayok ngobrolin lagu "Heather" by Conan Gray. Sebenernya aku baru keranjingan dengerin lagu ini dua hari terakhir. Tapi perlu diketahui, yang aku maksud keranjingan adalah bener-bener sering banget dengerin "Heather" sampai lagu ini jadi list teratas di playlist "On Repeat" Spotify. Tiap hari  nyanyiin itu sampai diprotes orang rumah.

Biasanya kalau udah kayak gini, aku bakal bikin postingan di blog buat bahas lagu itu. Dan inilah postingan untuk the beautiful princess, "Heather". Akan ada beberapa poin yang aku bahas di postingan ini. Kenapa aku bikin poin-poin? Biar gampang aja sih dibacanya. Karena setelah aku baca-baca lagi postingan di blog ini, rasanya full tulisan semua hahah. Nggak usah lama-lama, yuk langsung bahas "Heather".

1. Pertama-tama, Yuk Kenalan Dulu Sama 'Heather'

"Heather" adalah track terakhir di album Conan Gray yang berjudul "Kid Krow". Album ini sebenarnya udah rilis Maret 2020 dan sukses di berbagai negara. Tapi si "Heather" baru bener-bener booming sekitar bulan Agustus 2020 karena banyak dipake di TikTok dan akhirnya viral juga di media sosial lain.

"Heather" ditulis sendiri oleh Conan Gray berdasarkan pengalamannya waktu SMA. Di situs Genius tertulis kalau "Heather" diproduseri oleh Jam City dan Dan Nigro. Jam City diketahui pernah memproduseri lagu Joji "NO FUN" sama Troye Sivan "The Good Side". Oh ya, cerita lengkap di balik lagi ini bakal aku bahas di poin berikutnya ya.

Tapi sebelum itu, aku mau nyinggung soal arti "Heather". Apa sih heather? Dari berbagai sumber yang aku baca, heather adalah julukan buat orang-orang yang populer, cantik atau ganteng, disukai banyak orang, hampir mendekati sempurna pokoknya lah. Di sekolah kalian pasti ada kan yang kayak gini modelannya?


2. Inspirasi Lagu "Heather"

Tadi udah disebutin kan kalau lagu "Heather" dibuat berdasarkan kisah cinta Conan waktu SMA?. Saat itu, Conan menyukai seseorang yang sama selama 4 tahun. Tapi orang itu nggak suka sama Conan dan justru menyukai seorang heather di sekolah mereka. Cerita cinta ala anak SMA ini diolah oleh Conan menjadi sebuah lagu yang sangat indah sekaligus menyakitkan.

"Waktu SMA, aku suka sama satu orang selama empat tahun. Tapi orang itu nggak suka sama aku, malah suka sama seorang cewek heather," ujar Conan Gray dilansir Billboard. "Heather-nya cantik luar dalam, dia sehangat musim panas dan punya banyak teman. Dia sangat lembut dan menyenangkan, sedangkan aku nggak."

Dalam wawancaranya, Conan nggak nyebut orang yang dicintainya ini cewek atau cowok. Tapi yang jelas, si heather-nya adalah cewek. Dan ini menarik buat aku. Penafsiran lagu ini jadi mirip sama "Girl Crush" punyanya Little Big Town. Coba deh dengerin dan perhatiin lirik "Girl Crush". Aku sempet dibikin kepikiran setelah dengerin Harry Styles nge-cover lagu itu. Siapa sebenernya yang jadi objek di lagu itu?

3. Lirik 'Heather' yang Simpel Tapi Menyayat Hati

I still remember third of December
Me in your sweater, you said it looked better
On me, than it did you, only if you knew
How much I liked you, but I watch your eyes

As she walks by
What a sight for sore eyes
Brighter than the blue sky
She's got you mesmerized
While I die

Why would you ever kiss me?
I'm not even half as pretty
You gave her your sweater
It's just polyester
But you like her better
Wish I were Heather

Watch as she stands with her holding your hand
Put your arm 'round her shoulder, now I'm getting colder
But how could I hate her? She's such an angel
But then again, kinda wish she were dead

As she walks by
What a sight for sore eyes
Brighter than a blue sky
She's got you mesmerized
While I die

Why would you ever kiss me?
I'm not even half as pretty
You gave her your sweater
It's just polyester
But you like her better
I wish I were Heather

Wish I were Heather
(Oh, oh)
Wish I were Heather

Why would you ever kiss me?
I'm not even half as pretty
You gave her your sweater
It's just polyester
But you like her better
Wish I were

Kata-kata yang dipilih sama Conan sangat simpel dalam lagu "Heather". Hal itu bikin lagu ini semakin mudah dipahami maknanya. Perasaan sedih dan cemburu dalam lagu ini juga jadi mudah tersampaikan karena lirik yang sederhana dan nggak banyak pakai kiasan dengan arti tersirat. Aku suka lagu-lagu yang beginiiiiii.


4. Makna di Balik Video Klip 'Heather'


Conan Gray memutuskan untuk membuat video klip "Heather" dengan sangat simpel tapi tetap penuh makna. Diambil di sebuah kamar, video ini hanya dibintangi oleh Conan Gray. Musisi berdarah Irlandia-Jepang itu perlahan meniru penampilan heather di video tersebut demi mendapatkan hati orang yang dicintainya.

"Video 'Heather' adalah caraku untuk menjadi apapun yang aku cemburui dari si heather. Aku akan melakukan apapun demi terlihat sepertinya," kata Gray. "Memakai baju bagus dan bertindak dengan mudah. Menolak semua hal yang membuatku menjadi diri sendiri. Apapun (dilakukan) untuk dicintai oleh orang yang aku cintai."

"Tranformasi lamban di sepanjang video ini dibuat untuk mewakili sifat feminin dan maskulin yang terus menerus aku alihkan untuk menjadi seseorang yang aku tahu akan disukai oleh orang yang aku cintai," sambungnya. "Seseorang yang lembut dan manis. Seseorang seperti si heather."

Itulah poin-poin tentang lagu "Heather" yang ingin aku tuliskan di sini. Aku tahu lagu ini dari video TikTok viralnya akun @stupidsri. Dia nyanyiin lagu ini tanpa usaha keras, tapi hasilnya bagus banget dan sukses disukai banyak orang--termasuk aku. Apa kalian juga sesuka itu sama lagu "Heather"?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Emosional Film 'The Shameless' (Peringatan! Spoiler Di Mana-Mana)

Random Bahas Drama 'The Fiery Priest', Because Why Not?

6 Lagu Lewis Capaldi Favoritku Selain 'Before You Go'